artikel, demo sound, band profile send to: noiseblast.media@gmail.com

BOMBARDIR, Interview Session


By on 29.1.13

BOMBARDIR, adalah sebuah rasa penasaran kami selama NoiseblastMedia ini berjalan. Tapi bisa juga rasa kangen saya sama orang-orang yang terlibat didalam band ini. Berangkat dari dua perasaan diatas kemudian tersusunlah 12 pertanyaan untuk band D-beat Crust dari Jakarta ini, dan kami lemparkan secara personal via akun jejaring sosial mereka satu persatu dari mulai, Dockie, Ivan, Dame, sampai Asep ... Dan alhasil 2 minggu menanti, kami mendapatkan jawaban dari 3 orang kecuali Dame. Kalo Dame kami maklumin, dia lagi sibuk ama burung dara aduannya .. hahaha. Jawaban dari 3 orang ini unik secara keseluruhan karena dari 3 orang ini jawabannya beda, tapi arahnya sama ... gak percaya??? simak aja ...

Nb: Kapan dan Bagaimana Bombardir dimulai??
Dok: Sebelum BOMBARDIR nama band kami BUKAN BIDADARI dengan formasi: 2005: Dokie (Bass/vocals), Nofun (drums), Godhell ( guitars/vocals), Imam (guitars), lalu tahun 2007 kami ganti nama BOMBARDIR dengan formasi: Dokie (Bass/vocals), Nofun (drums), Damned(guitars/vocals), Asfukk (guitars/vocals).

Iv: contekannya sama dokie pasti jawabannya sama...uhui...

As: Saya tidak tau kapan di mulainya ...

Nb: Musik yang anda mainkan sekarang, siapakah musisi/band yang menginfluence kalian? Dan Bagaimana prosesnya?
Dok: Dbeat crust hc/punk, band2 influence kami: Discharge, Dislike, Martyrdod, P.O.A., Anti Cimex, Satellite, Disfear, Disclose, Victims, Wave of Fear, Firstblood, Zudas Krust, Bulletproof, Wolfbrigade, Total Banxat, The Holocaust, Undersick...dll

Iv: Bebas orang mau bicara apa tentang musik kita ,kalo menurut gua .. dbeat/hardkore/seruntulan/grawakan/sibolang/punkgog .. hahahaha ..... influence kita pastinya beda-beda.. kalo gw pancaran sinar patromak, benyamin s & warkop DKI .. haaaa .. gak terlalu banyak proses .. meskipun kita masing-masing mempunyai selera berbeda-beda dalam bermusik .. so.. tinggal nyari yang samanya aja langsung sikattttttt..

As: semua musik menjadi influece saya,dan prosesnya bejalan begitu saja 

Nb: Mana yang datang dahulu dalam setiap karya anda MUSIK atau PESAN? Bisa dijelaskan??
Dok: Pesan yg dibungkus lewat musik, lirik kami berisikan tentang peperangan, sosial politik pemerintahan, kehidupan sehari hari dsb.

Iv: pesan.... karena salah satu tujuan/keingginan kita mewakilkan aspirasi dari luar sana,..klo musik si apa adanya .. karena kita bukan orang-orang yang terlalu mementingkan kualitas musik...kalo' kata (alm) jayanih.yang penting masuk sound hahahaa

As: saya pemain musik bukan pengirim pesan, saya hanya bersenang senang di band

Nb: Kemanakah arah pesan intinya dari musik anda ini?
Dok: Masalah musik terserah yg dengar mau anggap musik kami apa yg lebih penting pesannya, lirik kami Global arahnya kemana aja kepemerintahan, kehidupan sehari hari, peperangan, sosial politik dsb.

Iv: kalo bicara arah kemana..???..kemana aja dan dimana aja pesan itu disampaikan...siapapun yg ngerasa,mau itu mahluk darat atau mahluk air hajarrr terusss.......kalo gk ngerasa mah dont wory ojo dumel hahahahaa .........

As: arahnya hanya untuk bersenang senang cuma itu yang bisa saya lakukan.



Nb: BOMBARDIR adalah salah satu band yang bisa dibilang band yang serius melakoni DIY ethic untuk saat ini, dimana anda merilis sendiri album kemudian melakukan tur anda sendiri membuat merchandise sendiri, bagaimana anda bisa memutuskan menggunakan konsep DIY ini? 
Dok: Harus bisa dan kalian juga bisa melakukan hal seperti kami...karena kami ga butuh pemodal atau major label,atau promotor beraak dengan itu semua, kami yakin dengan semua yg kami jalani dan semua butuh proses.. 

Iv: dibilang serius gk juga.....kalo serius-serius bgt gk bagus buat pencernaan ..ntar muntahh...hahaha...semua mengalir begitu saja dan gak pernah terfikirkan bisa sejauh ini , awal dari pembelajaran,rasa inggin tahu dan keingginan untuk mengetahui jalannya proses tersebut,hingga akhirnya bisa berjalan sampai sekarang ini...

As: sya sendiri kurang paham apa itu DIY dan harus bagai mna,sya hanya melaukan itu berdasarkan kesenangan sya,jiaka sya ingin bersenang senang sya akan datang untuk besenang senang.

Nb: Apa makna DIY ethic sendiri buat anda?
Dok: Diy ( do it your self ) melakukan apa yg harus kami lakukan, mengkaryakan apa yg harus dikaryakan, belajar apa yg harus kami pelajari, tanpa harus melibatkan para pemodal, major label...karena kami bisa berdiri sendiri, lewat sarana dan prasarana yg kami bisa...karena kejujuran diy ada pada diri aku, kamu, kita, kalian. Dan kembali lagi semua itu butuh proses.

Iv: setiap orang mempunyai pandangan/arti berbeda-beda tentang DIY....itu hak mereka,..??? tapi buat gw DIY itu Bebas jadi diri sendiri.. untuk membentuk suatu kemandirian......dimana lu bisa menentukan sikap dalam hidup lu.. .dimanapun lu berada....tanpa harus merasa ketergantungan dengan orang disekeliling lu....dan lu bisa melakukannya apapun itu.., hajarrrr blehhhh.......!!!

As: saya tidak tau

Nb: Apakah anda bersedia main disegala event?? maksudnya dari mulai studio gigs sampai Pensi sekolah?
Dok: Ngga juga.., acara studio gigs, atau acara apa aja dari komunitas kami mau tapi kadang kami ngga bisa main diacara komunitas karena salah satu dari kami ada kendala...kalo acara pensi kami jelas menolak.

Iv: kalo event ya pasti kita liat-liat juga dari konsep gigs situasi dan kondisi tersebut .... takutnya kita di bohongin maen di acara anak SD lagi hahaha .... klo soal tempat selama ini kita gak pernah pilih-pilih mau maen dimana aja sikattt.....!!!!! dari maen di studio,di lapangan,di perkampungan,di pinggir kali,didepan rumah pak RT sampe di tengah sawah udah pernah, yang belum pernah maen didepan rumah habib rizieq (FPI) entar gua disiramin aer lagi...hahahaa,,,kalo event pensi masih belum kepikiran mungkin nanti kalo suatu saat BOMBARDIR ada penari latarnya yg pake clana ngrerecet..baru dah... hahahahaha....

As: dimana saja yg penting sya senang

Nb: Bagaimana anda bisa melakukan tur anda sendiri dari kota ke kota tanpa promotor?? 
Dok: Ngga sendiri juga, itu semua bisa dilakukan karena adanya jaringan dari teman ke teman diluar kota yg membantu proses perjalanan tour. 

Iv: nohhh....pasti sama jawabnya..teng..tong ...

As: nabung yg jelas untuk bersenang senang

Nb: Apa kendala serius ketika anda menjalani ini semua, dalam artian menjalani hidup anda, band, dan scene itu sendiri??
Dok: Untuk masalah kehidupan sehari hari pasti ada aja masalah kita kan manusia yg ga luput dari masalah, itu bagaimana kitanya aja..kalo untuk band kadang ketika band kita ga bisa dtng ke gigs karena ada urusan penting misalnya : masalah keluarga, atau ada kerjaan sablonan yg deadline, atau sakit itu aja ...

Iv: untuk menjalani hidup dimanapun gua berada,..sebagai manusia umumnya,pastinya gw harus bisa memahami/menerima/menghormati atas kelebihan/kekurangan dari teman-teman disekitar.....di band..itu yang kita jalanin sampai sekarang,..buat gua menyatukan isi kepala bukan hal yang sulit kalo kita menjalankan itu semua,..dan untuk menjaga keseimbangan itu diantara kita harus ada yang siapp berada di posisi tengah....buat jadi wasitnya hahahahaaa ...kalo kendala seriusnya paling ban bocor hahahahaaaa

As: saya tdak mempunyai kendala apa2,hidup saya ya hidup sya bkan org lain,band untuk bersenang senang,dan scene? smu org tau seperti apa.

Nb: Tentang scene, bagaimana menurut anda tentang keberadaan kawan-kawan Punk Jalanan saat ini yang selalu mewakili Punk sebagai biang masalah di media mainstream?
Dok: Gw pribadi ga tau dan ga mau tau masalah scene, gw cuma pengen menjalin pertemanan dan persaudaraan dengan semua manusia2 yg berada dimuka bumi ini, untuk mereka yg bermasalah dengan media menstream itu hak dan pilihan mereka gw ga berhak ikut campur.

Iv: mmmmm....bebassssssss dahh !!!!....mo mainstream,mencret,meredel,merepet..terserah dah...kalo gua disini bicara hak,setiap manusia pastinya berbeda-beda dan punya cara tersendiri untuk menjalankan hidupnya,..setiap manusia bebas melakukan/menentukan pilihan hidupnya..kiri, kanan, bawah, atas, hitam, putih, abu-abu, merah bebasssss !!!!!! biar bagaimanapun dalam situasi apapun gua harus bisa menghargai,menghormati perbedaan itu atas apa yang udah dipilihnya...apa iya kalo' orang suka suka jengkol gua protes cuma gara-gara gua kaga suka jengkol padahal itu jengkol dibeli/ditanam atas jerih payahnya sendiri,...yang nantinya akan diberikan untuk orang disekitarnya...untuk dapat bertahan hidup....??!!!!! apa mo dikata dah.....??? paling bisa gw bilangin doank..eh coy kalo ngencing sonoan dikit...baunya ngambreng kemari nih hahahaaaa.......

As: saya muak membicarakan scene 


Nb: Apa rencana selanjutnya dari Bombardir?
Dok: Bikin album baru, dan sekarang lagi mau ngelarin split dengan band dari Jerman dan Malaysia.

Iv: lagi ngumpulin materi buat selanjutnya.. dan pastinya BOMBARDIR..AKAN SELALU BERUSAHA UNTUK TETAP ADA SAMPAI KAPAN PUN ..hahahaha...

As: entalah jalani saja! 

Nb: Apa yang anda ingin ucapkan sabagai penutup interview ini?
Dok: Lakukan apa yg menurut kalian benar dengan tidak merugikan orang lain dan thanks buat Noiseblast atas interviewnya cheers..!!!

Iv: Siapun bisa melakukan apa yang orang lain lakukan apapun itu,.?? apapun konsekwensinya .. jadikan kegagalan sebagai motivasi untuk mencapai itu semua....asal jangan ngeboti aje,..ntr ribet urusannye.. hehehee.... Terima kasih buat Ki Sawan yang telah memperkenankan kami untuk berada disini semoga kita akan bertemu kembali di padepokan berikutnya....ciatttttttttttttttttt.........

As: Jangan ngomong.......pikirkan!!

BOMBARDIR: Facebook | Myspace






Interview oleh: Grindhacker | Gambar diambil dari: Facebook | Video dari: Youtube

KOLEKTIF KURANG KERJAAN

Demo lagu, press release (rilisan terbaru), Scene/Gigs Report, Artikel/Tulisan sendiri, Flyer/poster (Gigs/Events, Rilisan), Review (CD, kaset, filem, buku, dll), kirim ke: noiseblast.media@gmail.com.

 
Bagikan